Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi salah satu strategi penting dalam meningkatkan keterampilan digital generasi muda, khususnya Gen-Z yang sangat dekat dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan TIK melalui pengembangan game edukatif di LKP Karya Prima Kursus sebagai sarana pembelajaran kreatif dan interaktif. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan mengamati proses pelatihan, keterlibatan peserta, serta hasil akhir berupa produk game edukatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini mampu meningkatkan kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kolaborasi peserta dalam menyelesaikan tantangan berbasis teknologi. Selain itu, peserta merasa lebih termotivasi dalam mengintegrasikan pembelajaran dengan teknologi yang menyenangkan. Kesimpulannya, pelatihan TIK berbasis game edukatif efektif dalam memberikan pengalaman belajar yang relevan, adaptif, serta sesuai kebutuhan Gen-Z dalam menghadapi perkembangan era digital.
Copyrights © 2025