Jejak: Jurnal Pendidikan Sejarah Universitas Jambi
Vol. 5 No. 1 (2025): Pembelajaran Sejarah, Sejarah, dan Kebudayaan Lokal

HUBUNGAN ANTARA FAKTOR MANAJEMEN KELAS DAN KAPABILITAS LITERASI DIGITAL PADA GURU PEMULA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SECARA DARING

Labibatussolihah, Labibatussolihah (Unknown)
Adriani, Nour Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji apakah terdapat hubungan korelasional yang signifikan antara komponen manajemen kelas—disiplin, organisasi pelajaran, interaksi selama pelajaran, kapasitas interpersonal, dan ikatan sosial—dengan kapabilitas literasi digital. Instrumen berisi 50 butir dengan enam subskala dikembangkan dan diadaptasi dari studi terkait yang ada, sementara 30 guru pemula (yang belum mengambil program profesi guru) di 29 SMA di Kota Bandung, Indonesia, terlibat dalam studi survei menggunakan kuesioner daring. Data dianalisis menggunakan korelasi bivariat serta regresi berganda. Hasilnya menunjukkan adanya korelasi dan hubungan prediktif yang signifikan dari kapasitas interpersonal terhadap kapabilitas literasi digital (r = .611, B = 1.684).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jejak

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Sejarah dan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi yang berkerja sama dengan Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI). Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian asli, artikel konseptual, artikel review dan studi kasus. Fokus dan Cakupan ...