Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 4 (2025): Oktober, In proggress

Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Fakfak

Wally, Oci (Unknown)
Rasyid, Muhammad Rusdi (Unknown)
Sunatar, Bambang (Unknown)
Amin, Surahman (Unknown)
Khatipah, Khatipah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2025

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Pertama; Menganalisis proses pemanfaatan media pembelajaran wordwall dalam membangun motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran al-Quran hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Fakfak. Kedua; Menganalisis faktor penghambat dan solusi pemanfaatan media pembelajaran wordwall dalam membangun motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran al-Quran hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Fakfak. Ketiga; Menganalisis dampak penggunaan media pembelajaran wordwall dalam membangun motivasi belajar siswa kelas V mata pelajaran al-Quran hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Fakfak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil Penelitian ini menunjukkan Pertama, pemanfaatan media pembelajaran Wordwall secara signifikan membangun motivasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Fakfak. Siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang lebih tinggi, sikap antusias, dan keterlibatan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kedua, Faktor penghambat yaitu keterbatasan fitur gratis dan akses internet. Upaya untuk mengatasi keterbatasan itu adalah sekolah atau lembaga pendidikan dapat menyediakan perangkat (komputer/tablet) yang bisa digunakan secara bergantian oleh siswa, atau jika diijinkan siswa dapat membawa handphone ke sekolah untuk lebih mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran wordwall. Ketiga, Penggunaan media wordwall berdampak positif. Dampak penggunaan wordwall terlihat pada peningkatan motivasi belajar, aspek emosional dan kognitif siswa, serta terciptanya suasana belajar yang aktif dan kolaboratif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...