Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 4 (2025): Oktober, In proggress

Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Falak Ruhani Berbasis Android Materi Perhitungan Waktu Terbaik Doa Pada Hari Jumat Di Madrasah Al Hikam Jakarta Selatan

Mustakim, Mustakim (Unknown)
Rasyid, Muhammad Rusdi (Unknown)
Abdillah, Fardan (Unknown)
Amin, Surahman (Unknown)
Hasbullah, Hasbullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar Ilmu Falak Ruhani berbasis Android pada materi perhitungan waktu terbaik doa hari Jumat di Madrasah Al-Hikam Jakarta Selatan; kedua, menilai tingkat kevalidan dan kepraktisan bahan ajar berbasis Android yang dikembangkan; dan ketiga, menguji efektivitas penggunaannya dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep serta praktik perhitungan waktu mustajab doa dalam Ilmu Falak Ruhani. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RD) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar memperoleh persentase kelayakan tinggi dari ahli materi (92%), ahli bahasa (96%), dan ahli desain (96%), sehingga dikategorikan sangat valid. Uji kepraktisan juga menunjukkan rata-rata respon 92,46% dari guru, individu, kelompok kecil, maupun uji lapangan, sehingga dikategorikan sangat praktis. Selain itu, bahan ajar ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap perhitungan hisab abjadiyyah dan penentuan waktu terbaik doa, yang sebelumnya sulit dipahami melalui cara manual. Integrasi ilmu keislaman dengan teknologi digital dalam penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pembelajaran yang lebih efektif, efisien, dan menarik. Penelitian ini dapat dijadikan dasar dalam pengembangan kurikulum Ilmu Falak Ruhani berbasis teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...