UNM Journal of Technology and Vocational
Volume 9, Issue 2, June (2025)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI SIMULASI CISCO PACKET TRACER

Risnawaty (Unknown)
Muhammad Yahya (Unknown)
Abdul Muis Mappalotteng (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbantuan aplikasi siumulasi cisco packet tracer pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan pada SMK. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Prosedur pengembangan mengacu pada model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert. Teknik analis yang digunakan adalah Teknik analisis data kualitatif yaitu dapat diperoleh dari hasil wawancara dan data juga diperoleh dari hasil angket validator ahli media dan ahli materi pada bagian komentar atau sarannya dan Teknik analisis data kuantitatif adalah metode yang digunakan untuk mengolah dan menganalisis data numerik(angka)dengan menggunakan statistik dan perhitungan matematis. Hasil data kevalidan modul sebesar 83% oleh ahli media dan hasil 86% oleh ahli materi dengan kategori “sangat valid”. Hasil data kepraktisan diperoleh berdasarkan hasil angket siswa sebesar 85% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil data keefektifan diperoleh berdasarkan hasil belajar siswa pada nilai pretest-posttest sebesar 75% dengan kategori “efektif” dan memperoleh peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 0,64% pada kategori “sedang”. Hasil ini menunjukkan modul pembelajaran layak digunakan dan diimplementasikan pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan kelas XI SMK Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within vocational education and ...