Latar belakang permasalahan ini adalah proses pembelajaran menulisl bilangan 1-5 di SLB Negeri 1 Padang yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis bilangan 1-5 melalui media pasir berwarna. Metiode yaing digiunakan adailah penelitiian tindakan kelas pada dua peserta didik dengan Down syndrome kelas II/C. Penelitian terdiri dari dua siklus, dimana siklus teirdiri diari empiat peritemuan deingan tahaipan yaing teridiri diari periencanaan, pelakisanan itindakan, obeirvasi dain reflieksi dengan durasi 2JP x 30 menit. Adapun indikator keberhasilan pada penelitian ini dengan kategori baik 66% - 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pasir berwarna dapait mieningkatkan keimampuan peseirta didiki dengan Down Syndrome dalam menulis bilangan 1-5. Hal ini terlihat dari peserta didiik MAR yanig memiiliki kemampiuan awial menulis bilangan 1-5 sebanyak 10%, diakhir siklus II kemampuan peserta didik meningkat menjadi 80%. Demikian juga dengain pesierta didik AKM yaing memiiliki kemaimpuan aiwal 10% dan diakhiri siklus II kemampuannya meningkat menjadi 90%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025