E-JUPEKhu
Vol 13, No 2 (2025)

Penerapan Teknik Total Task Presentation dalam Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Peserta Didik Disabiltas Intelektual Sedang

Puspita, Aulia Dinda (Unknown)
Efrina, Elsa (Unknown)
Iswari, Mega (Unknown)
Budi, Setia (Unknown)
Handayani, Endang Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bina diri dalam aktivitas mandi peserta didik disabilitas intelektual sedang dengan menggunakan teknik total task presentation. Subjek pada penelitian ini adalah seorang peserta didik berinisial RAV berjenis kelamin perempuan, berumur 10 tahun dan sedang duduk dikelas I SLB Kasih Ummi Padang, mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan mandi secara mmandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B. yang mana pada kondisi baseline (A) peserta didik belum diberikan perlakuan, dan pada kondisi  intervensi (B) peserta didik diberi perlakuan/intervensi dengan menggunakan teknik total task presentation. Hasil pada penelitian ini meningkat secara signifikan yang mana kemampuan peserta didik meningkat dari 31,25% pada fase baseline (A) menjadi 90,62 pada fase intervensi (B). Teknik ini terbukti efektif dikarenakan peneliti dapat mengajarkan seluruh langkah – langkah kegiatan mandi secara sistematis dengan menggunakan prompt dan reinforcment yang dikurangi secara bertahap sampai peserta didik mampu melakukannya secara mandiri. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...