E-JUPEKhu
Vol 13, No 2 (2025)

Meningkatkan Kemampuan Identifikasi Benda di Kelas dengan Pembelajaran Discovery Learning Melalui Tebak Gambar pada Siswa Disabilitas Rungu

Ramini, Ramini (Unknown)
Rahmahtrisilvia, Rahmahtrisilvia (Unknown)
Tsaputra, Antoni (Unknown)
Zulpiani, Mardhatillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan siswa disabilitas rungu kelas IV yang mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi benda di dikelas  di SLB Mutiara Ilmu Terpilih Sintuk. Salah satu Solusi yang dapat diberikan adalah dengan model pembelajaran Discovery Learning  melalui tebak gambar. Tujuan penelitian ini adalah  untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi benda di kelas pada siswa disabilitas rungu. Penelitian ini menggunakan desain Single Subject Research (SSR) dengan pola A1-B-A2 selama 12 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kinerja identifikasi benda. Pada kondisi awal (A1), kemampuan rata-rata peserta didik adalah 30%. Setelah diberikan intervensi selama enam kali pertemuan, kemampuan meningkat secara bertahap hingga mencapai 85%. Pada fase baseline kedua (A2), kemampuan peserta didik tetap stabil bahkan meningkat hingga 89%. Berdasarkan hasil kemampuan yang diperoleh pesreta didik, bahwa peserta didik telah mampu mengidentifikasi benda dikelas  sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti dan kolaborator.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...