Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan siswa disabilitas rungu kelas IV yang mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi benda di dikelas di SLB Mutiara Ilmu Terpilih Sintuk. Salah satu Solusi yang dapat diberikan adalah dengan model pembelajaran Discovery Learning melalui tebak gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi benda di kelas pada siswa disabilitas rungu. Penelitian ini menggunakan desain Single Subject Research (SSR) dengan pola A1-B-A2 selama 12 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kinerja identifikasi benda. Pada kondisi awal (A1), kemampuan rata-rata peserta didik adalah 30%. Setelah diberikan intervensi selama enam kali pertemuan, kemampuan meningkat secara bertahap hingga mencapai 85%. Pada fase baseline kedua (A2), kemampuan peserta didik tetap stabil bahkan meningkat hingga 89%. Berdasarkan hasil kemampuan yang diperoleh pesreta didik, bahwa peserta didik telah mampu mengidentifikasi benda dikelas sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti dan kolaborator.
Copyrights © 2025