COGNITIVISM: Journal of Education Research and Development
Vol. 1 No. 2 (2025): COGNITIVISM: Journal of Educational Research and Development

KINERJA GURU

Sakinah, Eva (Unknown)
Khoirunnisa, Nadia (Unknown)
Sari, Cut Kumala (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam kinerja guru dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dasar dengan menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan (library research). Kinerja guru menjadi salah satu indikator utama dalam menentukan keberhasilan proses pendidikan, terutama di jenjang sekolah dasar yang merupakan fondasi awal pembentukan karakter dan kemampuan akademik siswa. Data dikumpulkan melalui analisis berbagai literatur ilmiah, jurnal, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan dalam lima tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa kinerja guru sangat dipengaruhi oleh faktor internal seperti kompetensi pedagogik, profesionalisme, dan motivasi, serta faktor eksternal seperti lingkungan kerja, dukungan kepala sekolah, dan fasilitas pembelajaran. Guru yang memiliki kinerja baik terbukti mampu menciptakan proses pembelajaran yang efektif, interaktif, dan berorientasi pada perkembangan siswa. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan dasar tidak dapat dipisahkan dari upaya peningkatan kualitas kinerja guru secara berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya kolaborasi antara guru, manajemen sekolah, dan pemangku kebijakan dalam menciptakan sistem pendidikan yang mendukung profesionalisme dan kesejahteraan guru

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cognitivism

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

COGNITIVISM: Journal of Education Research and Development is a fully refereed (double-blind peer review) and an open-access online journal for academics, researchers, graduate students, early-career researchers and students, published by Lembaga Intelektual Muda (LIM) Maluku. COGNITIVISM is a ...