Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi
Vol 10, No 1 (2025): FEBRUARI 2025

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZ TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

Arza, Ibnu Khattab (Unknown)
Abdi, Abdul Wahab (Unknown)
Gadeng, Ahmad Nubli (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Rendahnya minat belajar dan kemampuan siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh dalam menguasai pelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori Berbantuan aplikasi quiziz. Penelitian bertujuan mengetahui bagaimanakah pengaruh strategi pembelajaran ekspositori berbantuan aplikasi quiziz terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI, dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IS 1 berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IS 2 berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, yang meliputi (1) uji validitas, (2) uji reliabilitas. Peneliti memberi tes sebanyak dua kali yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik Analisis Data penelitian ini adalah (1) uji normalitas (2) uji homogenitas (3) uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,67, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 78 adalah 1,66. Karena thitung (2,67) ttabel (1,66), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat diterjemahkan terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran ekspositori berbantuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar geografi siswa, dibuktikan dari peningkatan nilai rata-rata siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

geografi

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Other

Description

urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi (JIMPGEO) is a scientific journal which is a place for publication of the results of research on the final project of undergraduate (S1) students in the Department of Geography Education. JIMPGEO publishes one volume and four numbers in a year, namely in ...