Rendahnya minat belajar dan kemampuan siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh dalam menguasai pelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori Berbantuan aplikasi quiziz. Penelitian bertujuan mengetahui bagaimanakah pengaruh strategi pembelajaran ekspositori berbantuan aplikasi quiziz terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI, dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IS 1 berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IS 2 berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, yang meliputi (1) uji validitas, (2) uji reliabilitas. Peneliti memberi tes sebanyak dua kali yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik Analisis Data penelitian ini adalah (1) uji normalitas (2) uji homogenitas (3) uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,67, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 78 adalah 1,66. Karena thitung (2,67) ttabel (1,66), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat diterjemahkan terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran ekspositori berbantuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar geografi siswa, dibuktikan dari peningkatan nilai rata-rata siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2025