Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik: Jurnal Abditek
Vol. 4 No. 02 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik: Jurnal Abditek

EDUKASI LITERASI DIGITAL DENGAN GAMIFIKASI ULAR TANGGA INTERNET SEHAT PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 7

SAS, Abdillah (Unknown)
Ariyani, Amra (Unknown)
Kuen, Fyan Andinasari (Unknown)
Kuen, Mitha Mayestika (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan literasi digital siswa SMP melalui pendekatan gamifikasi dengan media Ular Tangga Internet Sehat. Kegiatan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Turikale dalam rangka Program Kampus Mengajar 7 dengan melibatkan 30 siswa kelas VII dan VIII yang dibagi menjadi enam kelompok. Proses pelaksanaan dilakukan melalui tahapan persiapan, pelaksanaan, dan refleksi, dengan siswa bermain secara berkelompok untuk menjawab pertanyaan seputar etika berinternet, privasi, keamanan data, dan penggunaan internet sehat. Hasil kegiatan menunjukkan partisipasi aktif dan respon positif siswa, di mana 67% kelompok menyatakan sangat senang, 17% senang, dan 16% cukup senang. Selain itu, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan memberi contoh nyata terkait literasi digital. Temuan ini menegaskan bahwa gamifikasi efektif sebagai media edukasi literasi digital, sekaligus menjadi solusi pembelajaran kreatif yang menyenangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

p2m

Publisher

Subject

Humanities Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik: Jurnal Abditek is a journal published by the LPPM Universitas Negeri Jakarta. Abditek Journal is published regularly twice a year, every March and November. Each journal number publishes 7 articles. Abditek Journal was founded in 2019 under the name JPKM ...