Latar Belakang: Indonesia salah satu negara yang tengah memperjuangkan dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Menindaklanjuti hal itu, lewat pendidikan bisa menopang dalam pencapaian tujuan. Kegiatan ekstrakurikuler SISPALA berpotensi untuk pencapiaan SDGs. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis potensi kegiatan ekstrakurikuler SISPALA untuk mendukung tercapainya pembangunan berkelanjutan. Subjek dan Metode: Metode yang digunakan yaitu literature review dengan mengkaji artikel temuan yang sesuai dengan studi. Hasil: Hasil yang ditemukan SISPALA bisa memaksimalkan program susur sungai mengadaptasi program River Cleanup. Tujuan yang ditargetkan adalah SDG 6 air dan sanitasi. Pada program ini juga bisa mengembangkan sikap peduli lingkungan siswa serta mengembangkan kompetensi kunci berkelanjutan yaitu system thinking dan self- awareness. Dalam kaitannya, program ini juga bisa menguatkan kegiatan intrakurikuler pada mata pelajaran biologi terutama materi perubahan lingkungan dan keanekaragaman hayati. Selain itu, learning objective muncul dari dimensi kognitif, sosio-emosional dan behavioral untuk penguatan intrakurikuler dari peserta didik yang ikut pada program ini. Kesimpulan: Program susur sungai berbasis River Cleanup dalam Sispala berpotensi mendukung SDG 6 melalui konservasi lingkungan dan akses air bersih. Kegiatan ini mengembangkan kompetensi siswa yaitu system thinking, dan self-awareness, memperkuat pembelajaran biologi pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan, serta menumbuhkan sikap peduli lingkungan melalui pendekatan multidimensi (kognitif, sosio-emosional, dan perilaku) yang mendorong pendidikan holistik dan keberlanjutan ekosistem
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025