Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Evaluasi Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) pada Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMKN 5 Sijunjung

Fikria, Husnah (Unknown)
Demina, Demina (Unknown)
Yenti, Isra Nurmai (Unknown)
Amra, Abhanda (Unknown)
Jamilus, Jamilus (Unknown)
Munir, Sirajul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program SMK Pusat Keunggulan ( SMK – PK) Pada jurusan Desain Komunikasi Visual di SMKN 5 Sijunjung. Metode penelitian yang diterapkan adalah evaluatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) sebagai kerangka analisis. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi, dengan subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, siswa, serta mitra industri yang berjumlah 9 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek konteks program ini memiliki relevansi yang kuat dengan kebutuhan industri kreatif lokal dan mendukung visi SMK dalam mencetak lulusan yang kompeten dan siap kerja. Evaluasi input mengindikasikan adanya sinkronisasi kurikulum yang baik dengan dunia industri, serta penguatan sumber daya manusia melalui pelatihan dan magang. Proses pembelajaran berbasis proyek dan keterlibatan dunia industri, seperti magang dan uji kompetensi, telah memperkuat kompetensi siswa. Meskipun terdapat keterbatasan sarana dan prasarana, kualitas peralatan dan peningkatan fasilitas telah cukup mendukung pembelajaran. Evaluasi produk menunjukkan bahwa lulusan memiliki kompetensi yang diakui oleh industri, meskipun tantangan dalam pelacakan alumni dan penyerapan kerja masih perlu diatasi. Secara keseluruhan, program ini terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesiapan lulusan untuk memasuki dunia kerja, namun masih memerlukan optimalisasi pada aspek produk untuk mencapai hasil yang lebih maksimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...