Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bina Darma
Vol. 5 No. 3 (2025): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Bina Darma

Pengembangan Bisnis Salak Melalui Pelatihan Layanan Prima di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang

Lindiawati, Lindiawati (Unknown)
Nurmianto, Eko (Unknown)
Yulianti, Emma (Unknown)
Indasah, Alfiah (Unknown)
Angelia Diwangkari, Calvina (Unknown)
Yosephina, Grace (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Paper ini membahas tentang pentingnya pelatihan layanan prima dan sertifikasi halal dalam meningkatkan daya saing dan kualitas produk salak pada Kelompok Tani Hutan (KTH) yang juga merupakan  UMKM Lestari di Wonosalam, Jombang. Produk salak yang melimpah di daerah Wonosalam menyebabkan harga sangat murah, sehingga petani diarahkan untuk meakukan inovasi produk olahan salak seperti keripik salak, jus salak rempah, teh kulit salak. Untuk mendukung kesuksesan dalam memasarkan produk inovatif ini diperlukan ketrampilan layanan prima serta pelatihan sertifikasi halal untuk memastikan pelanggan akan kualitas kehalalan produk. Pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman KTH Lestari  tentang pentingnya layanan prima dan sertifikasi halal. Metode yang digunakan adalah pelatihan bagi kepada pelaku UMKM Salak. Pendampingan juga akan dilakukan pada saat KTH Lestari memulai produksi produk olahan salak. Hasil pemberdayaan adalah meningkatnya  kualitas layanan dan produk UMKM Salak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pengabdian

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JPKMBD : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat menerima artikel hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari semua disiplin ilmu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bina Darma diterbitkan tiga kali setahun pada bulan Maret, Juli dan ...