Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 4 (Oktober 2025)

Persepsi Guru Terhadap Transisi dari Pembelajaran Tematik ke Pembelajaran Berbasis Proyek di SDI Al Ghaffaar Malang

Karengga, Fakhintan Ilza (Unknown)
Nasir, Muhammad (Unknown)
Azizah, Azizah (Unknown)
Susilawati, Samsul (Unknown)
Wibowo, Agus Mukti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2025

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia, yang mengedepankan pembelajaran berbasis proyek sebagai jawaban atas tantangan Kurikulum 2013, menempatkan guru sebagai penentu keberhasilan transisi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara spesifik persepsi guru SDI Al Ghaffaar terhadap transisi dari pembelajaran tematik Kurikulum 2013 ke pembelajaran berbasis proyek Kurikulum Merdeka. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transisi pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 ke pembelajaran proyek Kurikulum Merdeka mengubah persepsi guru terkait aspek-aspek pembelajaran. Pembelajaran berbasis proyek dipandang lebih efektif dalam memicu keaktifan belajar, menumbuhkan kemandirian, merangsang kreativitas, meningkatkan motivasi belajar dan memperkuat karakter siswa. Meskipun demikian, implementasi pembelajaran berbasis proyek menghadirkan sejumlah tantangan signifikan, termasuk kompleksitas persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran berbasis proyek; kebutuhan peningkatan kompetensi guru; adanya variasi individual siswa dalam kemampuan memecahkan masalah, tingkat motivasi, minat belajar, keterampilan kolaborasi serta potensi munculnya kebosanan dan kurang fokus; dan keterbatasan ketersediaan sumber daya pendukung pembelajaran. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya dukungan proaktif dari sekolah melalui pelatihan dan pembimbingan guru, serta penyediaan sumber daya secara berkala menjadi faktor penentu keberhasilan transisi ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...