Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi manajemen pendidikan yang terintegrasi dengan pemberdayaan ekonomi dan pengabdian masyarakat sebagai strategi dalam meningkatkan keadilan dan kesejahteraan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka dengan pendekatan kualitatif yang secara khusus ditujukan untuk menambah referensi terkait pengabdian masyarakat. Data dikumpulkan dari berbagai sumber ilmiah termasuk Google Scholar dan website resmi lembaga pendidikan serta pemerintah, antara tahun 1964 hingga 2025. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa transformasi manajemen pendidikan yang mengintegrasikan pemberdayaan ekonomi dan kegiatan pengabdian masyarakat berperan penting dalam memperkuat kemandirian, inovasi, dan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat. Secara teoretis, penelitian ini berlandaskan pada Human Capital Theory, Empowerment Theory, dan Sustainable Development Theory, yang menegaskan bahwa pendidikan berperan strategis dalam membangun masyarakat yang berdaya dan berkeadilan.
Copyrights © 2025