JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Analisis Kemampuan Smash Voli Ditinjau dari Antropometri dan Kondisi Fisik Pada Atlet Tanah Sekudung Kerinci

Plamonia, Debi (Unknown)
Hadinata , Reza (Unknown)
Prabowo, Bangkit Yudho (Unknown)
Anjanika, Yonifia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2025

Abstract

Ada perbedaan antropometri dan kemampuan dalam masing-masing divisi liga, hal tersebut sangat mempengaruhi hasil dari sebuah pertandingan pada tim voli. Aspek utama dalam keberhasil tim bola voli dalam melakukan serangan juga ada pada kondisi fisik atlet. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keampuan smash ditinjau dari antropomerti dan juga kondisi fisik pada Atlet Tanah Sekudung Kerinci. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptip kuantitatif yang menggunakan metode tes dan pengukuran, sehingga memberikan gambaran mengenai apa yang akan diteliti berupa angka-angka dan diukur secara pasti. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa 18 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien (Ry) sebesar 0.059 dengan arah positif. Hal ini Kemampuan Smash Voli Di tinjau Dari kondisi Fisik memiliki keterkaitan dengan Besaran dalam Persamaan Regresi sebesar 5.9%. Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.059 Artinya sekitar 5.9% Kemampuan Smash Voli Di tinjau Dari kondisi Fisik dalam model ini sedangkan sisanya 94.1%. Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien (Ry) sebesar 0.136 dengan arah positif. Kesimpulan penelitian ini yaitu sekitar 13.6% kemampuan smash voli di tinjau dari antropometri dan kondisi fisik dalam model ini, sedangkan sisanya 86.4% diterangkan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam variabel ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...