Rendahnya partisipasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MAS Raudhatun Najah menjadi tantangan utama dalam mencapai tujuan pembelajaran yang bermakna. Ketergantungan pada metode ceramah yang monoton menyebabkan siswa kurang aktif dan sulit memahami nilai-nilai keislaman secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menilai kelayakan media pembelajaran inovatif berbasis Quizizz Mode Paper sebagai alternatif bagi sekolah yang memiliki keterbatasan teknologi. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang mencakup tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Quizizz Mode Paper dinilai sangat layak dan efektif berdasarkan validasi ahli serta uji coba terbatas, karena mampu meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi Akidah Akhlak. Implikasi penelitian ini bahwa adaptasi teknologi pembelajaran ke dalam format cetak dapat menjadi solusi strategis bagi sekolah yang belum sepenuhnya terdigitalisasi, sekaligus mendorong guru untuk berinovasi menciptakan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan berorientasi pada karakter Islami
Copyrights © 2025