Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Literasi Ekonomi, Need For Achievement, Self Efficacy, dan Ekspektasi Pendapatan Sebagai Variabel Moderator Terhadap Intensi Minat Berwirausaha Pada Ibu Rumah Tangga

Arisah, Nur (Unknown)
Mustari, Mustari (Unknown)
S., Ratnah (Unknown)
Riesso, Andi Sawe (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan dalam mengungkap bagaimana pendidikan kewirausahaan, literasi ekonomi Need For Achievement, self-efficacy, ekspektasi pendapatan terhadap intensi minat berwirausaha pada wirausaha ibu rumah tangga. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang diterapkan yaitu melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini merupakan ibu rumah tangga, dan sampelnya sebanyak 100 responden yang diambil dari ibu rumah tangga yang bertempat di Kelurahan Laikang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. Analisis data yang digunakan yakni analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan Kewiraushaaan, Literasi Ekonomi, Need For Achievement, Self Efficacy, dan Ekspektasi Pendapatan berpengaruh terhadap Intensi Minat Berwirausaha, (2) Pendidikan Kewiraushaaan, Literasi Ekonomi, Need For Achievement, dan Self Efficacy berpengaruh terhadap Ekspektasi Pendapatan, dan (3) Pendidikan Kewiraushaaan, Literasi Ekonomi, Need For Achievement, dan Self Efficacy berpengaruh terhadap Intensi Minat Berwirausaha dengan Ekspektasi Pendapatan sebagai variabel moderator.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...