Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Optimalisasi Bisnis Wirausaha Muda Melalui Sinergitas Pemasaran, Keuangan, dan SDM

Novalien C Lewaherilla (Unknown)
Restia Christianty (Unknown)
Merry M Pelupessy (Unknown)
Nurul Maghfirah (Unknown)
Semuel Souhoka (Unknown)
Sabda Aji Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kapasitas wirausaha muda melalui sinergitas antara aspek pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia (SDM). Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dan aplikatif melalui tahapan identifikasi masalah, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan peserta dalam penerapan strategi pemasaran digital, pencatatan keuangan sederhana, dan pengelolaan SDM berbasis tim. Peserta mampu menerapkan hasil pelatihan ke dalam praktik usaha, yang berdampak pada peningkatan efisiensi dan kinerja bisnis. Selain itu, terbentuknya komunitas wirausaha muda binaan menjadi langkah strategis untuk memperkuat jejaring dan keberlanjutan program.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...