Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 13 No 2 (2025): Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Media ICT Google Sites terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPAS Peserta Didik Kelas IV SD

Apriliana, Silfia Marca Atika (Unknown)
Izzatika, Amrina (Unknown)
Pangestu, Deviyanti (Unknown)
Astuti, Nelly (Unknown)
Khairani, Fadhilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2025

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SD 6 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbasis media ICT Google Sites terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental group design dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 53 peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbasis media ICT Google Sites terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Metro barat tahun ajaran 2024/2025.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...