Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah peserta didik mudah lupa dengan materi yang diajarkan dan kurang memahami konsep dengan baik karena konsep materi bagi anak kurang diperhatikan.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran RME terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control gruop design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling sebanyak 45 peserta didik. Populasi penelitian ini sebanyak 45 orang. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan hasil Ftabel < Fhitung 4,38 <14.183,dan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan pembelajaran RME terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika kelas V SD Negeri 1 Sidodadi. Pendidik dapat menjadikan pendekatan RME sebagai alternatif strategi pembelajaran matematika yang lebih kontekstual, sehingga materi lebih mudah dipahami, sementara bagi peserta didik mereka memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna karena mereka mampu mengaitkan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2025