Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 13 No 2 (2025): Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif TGT Berbasis Educaply dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Saskia, Saskia (Unknown)
Rudini, Moh (Unknown)
Hamna, Hamna (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 4 Tambun melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis media Educaplay. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah sembilan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata 72 pada siklus I dengan ketuntasan 55,56% menjadi rata-rata 84 pada siklus II dengan ketuntasan 100%. Aktivitas guru dan siswa juga meningkat, dengan capaian aktivitas guru sebesar 97,72% dan aktivitas siswa mencapai 98,33%. Selain itu, hasil belajar kelompok diskusi juga meningkat dari rata-rata 75 menjadi 100. Penerapan model TGT berbasis Educaplay mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan kolaboratif. Temuan ini menunjukkan bahwa model tersebut efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan dan dapat dijadikan sebagai strategi pembelajaran alternatif di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...