JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 8 No 3: JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) November 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 MAULIRU

Loda, Merni Harabi (Unknown)
Nggaba, Mayun Erawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Mauliru pada materi bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experiment tipe pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model TPS dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen meningkat dari 40,48% sebelum perlakuan menjadi 73,66% setelah perlakuan,Sementara itu, kemandirian belajar siswa meningkat dari 68,01% menjadi 72,332%,. Hasil uji-t menunjukkan bahwa perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol signifikan dengan nilai signifikansi < 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TPS efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, baik dalam hal pemahaman konsep maupun kemandirian belajar. Oleh karena itu, model TPS direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran aktif dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...