Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA KELAS XI SMA IT QURROTA A’YUN SIGI

Murniati, Murniati (Unknown)
Kahar, Moh Jusri (Unknown)
Nahdawati, Nahdawati (Unknown)
Suarni, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Penelitian kualitatif ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan atau menjelaskan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dari perspektif Adversity Quotient. Subjek penelitian meliputi tiga (3) siswa kelas XI A dan XI B. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes, panduan wawancara, dan kuesioner Adversity Quotient.  Teknik analisis data yang digunakan adalah Kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dalam kategori Climber dengan tingkat Adversity Quotient memiliki kemampuan representasi matematis yang baik. (2) Siswa dalam kategori Camper dengan tingkat Adversity Quotient dikategorikan memiliki kemampuan representasi matematis menengah. (3) Siswa dalam kelompok Quitter yang memiliki tingkat Adversity Quotient dikategorikan memiliki kemampuan representasi matematis yang rendah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...