Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 6 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

TANTANGAN DALAM ERA DIGITAL: PERAN GURU DALAM MENCEGAH PERILAKU CYBERBULLYING DI SMPN 12 BANDUNG

Jauza, Alfiyah Zahra (Unknown)
Azzahra, Audree (Unknown)
Nurkhaliza, Lulub (Unknown)
Gusman, Mahesa Firdaus (Unknown)
Mediyanti, Risma (Unknown)
Zahara, Zahara (Unknown)
Rakhman, Muhammad Arief (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Masyarakat kini dapat melihat dunia secara digital berkat perkembangan industri teknologi informasi yang semakin pesat, khususnya media komunikasi. Paparan konten secara rutin selama interaksi media sosial dapat menghambat perkembangan anak-anak dan remaja baik dalam ranah psikologis maupun perilaku. Karena seringnya anonimitas pengguna, bullying secara verbal melalui ancaman dan komentar di media sosial sering terjadi dalam media sosial atau cyberbullying. Tujuan Artikel ini adalah untuk menyelidiki dan memahami peran pendidik dalam mengatasi masalah cyberbullying pada anak dan remaja. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Berdasarkan hasil wawancara, peran guru dalam mencegah cyberbullying antara lain melalui memberikan konseling kepada pelaku cyberbullying, mengelola forum pengaduan untuk siswa, dan menyediakan program khusus untuk menangani kasus kekerasan seksual dan cyberbullying di sekolah. Meskipun upaya ini telah dilakukan, penanganan cyberbullying yang dilakukan oleh pelaku anonim masih menjadi tantangan yang perlu diatasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...