Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains
Vol. 4 No. 2 (2025): November Tahun 2025

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa

Rini Nurbayti (Unknown)
Hilmi Hambali (Unknown)
Muhammad Wajdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental dengan pretest-posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning yaitu berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis 61,69 dan skor rata-rata hasil belajar kognitif 66,73 dengan siswa yang mencapai KKM sebesar 35% sedangkan pada kelas kontrol dengan model Discovery Learning juga dalam kategori cukup dengan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis 49,00 dan hasil belajar kognitif dengan rata-rata 44,23 dengan siswa yang mencapai KKM sebesar 4%. Analisis inferensial menunjukkan hasil yang signifikan dengan nilai sig>0,05 sehingga ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

hybrid

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains is a journal published by the Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). The article that can be accepted for publication on Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains is in the form of research results/ literature study ...