JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Peran Guru dalam Pengimplementasian Pembelajaran STEM Pada Materi IPA di Kelas V-A SD Negeri 104204 Sambirejo Timur

Ratno, Suyit (Unknown)
Amelia, Fenny Rizky (Unknown)
Divya, Neha (Unknown)
Matondang, Nurul Tri Ashayudha Br (Unknown)
Ramadhani, Erlina (Unknown)
Sipayung, Helena Raymonda (Unknown)
Berutu, Mita Maharani (Unknown)
Sinaga, Daniel (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

STEMemerupakanesingkatanedari Science, Technology, Engineeringedan Mathematic. STEM memungkinkanepesertaedidik untuk mempelajari konsepeakademik secara tepat denganemenerapkan empat disiplineilmu yang berbeda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Melalui kegiatan peneliti ini, peneliti berfokus pada pengalaman, pandangan, dan praktik guru dalam penerapan STEM pada materi IPA. Subjek penelitian adalah salah satu guru kelas V-A SDN 104204 Sambirejo Timur. Teknik Pengumpulan Data penelitian ini penulis menggunakan 2 cara yaitu angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa pemahaman guru mengenai pembelajaran berbasis STEM dapat dikategorikan baik. Dalam mengintegrasikan pembelajaran STEM pada materi IPA juga diperlukan model pembelajaran. Adapun model pembelajaran yang digunakan guru adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Misalnya, dalam pembelajaran IPA mengenai materi "Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman" para siswa membuat Proyek menanam tanaman cabai untuk diletakkan di taman mini sekolah. Dalam pembelajaran STEM ini guru berperan sebagai sebagai fasilitator dan penyampai informasi serta menciptakan lingkungan belajar yang mendukung eksplorasi dan eksperimen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...