STEMemerupakanesingkatanedari Science, Technology, Engineeringedan Mathematic. STEM memungkinkanepesertaedidik untuk mempelajari konsepeakademik secara tepat denganemenerapkan empat disiplineilmu yang berbeda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Melalui kegiatan peneliti ini, peneliti berfokus pada pengalaman, pandangan, dan praktik guru dalam penerapan STEM pada materi IPA. Subjek penelitian adalah salah satu guru kelas V-A SDN 104204 Sambirejo Timur. Teknik Pengumpulan Data penelitian ini penulis menggunakan 2 cara yaitu angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa pemahaman guru mengenai pembelajaran berbasis STEM dapat dikategorikan baik. Dalam mengintegrasikan pembelajaran STEM pada materi IPA juga diperlukan model pembelajaran. Adapun model pembelajaran yang digunakan guru adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Misalnya, dalam pembelajaran IPA mengenai materi "Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman" para siswa membuat Proyek menanam tanaman cabai untuk diletakkan di taman mini sekolah. Dalam pembelajaran STEM ini guru berperan sebagai sebagai fasilitator dan penyampai informasi serta menciptakan lingkungan belajar yang mendukung eksplorasi dan eksperimen.
Copyrights © 2024