JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa SDN 020619 Binjai T.A 2024/2025

Purba, Christi Ameliana (Unknown)
Lubis, Wildansyah (Unknown)
Tamba, Robenhart (Unknown)
Gandamana, Apiek (Unknown)
Perangin-Angin, Laurensia Masri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka terhadap pemahaman P5 bagi siswa SD Negeri 020619 binjai T.A. 2024/2025 di tinjau dari upaya guru dalam memberikan pemahaman P5 terhadap siswa, sejauh mana pemahaman siswa terhadap P5 dan keterkaitan antara minat dengan pemahaman P5 siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek peneliti sebanyak 46 orang. Pengumpulann dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka terhadap pemahaman P5 bagi siswa sudah berjalan sesuai dengan pedoman kemendikbud, upaya yang dilakukan guru dalam memberikan pemahaman ada tiga yaitu tahap perencanaan, tahap pengenalan dan tahap evaluasi. Pemahaman siswa terhadap P5 juga sudah sesuai harapan dan mahir di buktikan dari hasil penilaian guru. Adanya keterkaitan antara minat siswa dengan pemahaman P5, semakin besar minat dan ide yang diberikan siswa semkain paham terhadap P5.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...