JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Tindak Tutur Asertif dalam Film Pendek yang Berjudul “Mencari Saranjana (2023)”

Syifan, Amira (Unknown)
Puteri, Anggia (Unknown)
Siagian, Bethesda Ulfa (Unknown)
Dalimunthe, ELvi Susana (Unknown)
Sinaga, Masdiwati (Unknown)
Yassin, Naufara (Unknown)
Amaliyah, Raudhatul (Unknown)
Mangunsong, Sri Emelda (Unknown)
Sinaga, Sri Hartati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis fungsi tindak tutur asertif dalam film pendek Indonesia “Mencari Saranjana (2023)”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi, penelitian ini mengeksplorasi peran bahasa dalam menyampaikan pesan sosial dan budaya melalui media film. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi video film dari YouTube, transkripsi dialog, dan studi literatur terkait. Analisis data mengadopsi teori Miles dan Huberman, meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data dengan menyaring dan mengidentifikasi tindak tutur asertif, penyajian data berupa analisis fungsi tindak tutur, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan 27 data tindak tutur asertif yang terbagi dalam delapan fungsi: menyatakan, memberitahukan, menyarankan, membanggakan, mengeluh, menyombongkan, menuntut, dan melaporkan. Penggunaan tindak tutur asertif ini berperan penting dalam pengembangan karakter, alur cerita, dan penyampaian pesan tentang mitos dan realitas kepada penonton. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang peran bahasa dalam industri perfilman Indonesia, khususnya dalam konteks pelestarian budaya dan kritik sosial melalui film pendek.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...