JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Media Kartu Berpasangan dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Zahrika, Nazala Aprian (Unknown)
Qatrunnada, Erinna (Unknown)
Aeni, Kurotul (Unknown)
Nur Hidayah, Eva (Unknown)
Yuniarto, Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila masih kurang interaktif menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelian ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 02 Sumberejo melalui penerapan media kartu berpasangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa. Data dikumpulkan melalui praktikum mengajar, dan dokumentasi. Media kartu berpasangan dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa lebih aktif berpartisipasi dalam diskusi dan kegiatan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dan berperan aktif melalui penerapan media kartu berpasangan. Dengan demikian, media kartu berpasangan terbukti efektif dalam mendukung proses pembelajaran dengan lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...