JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peningkatan Keterampilan dan Kreativitas Anak Melalui Pelatihan Ecoprint dengan Memanfaatkan Alam Sekitar

Sitepu, Irmaya Br. (Unknown)
Haiyu, Selvy Noer (Unknown)
Nasution, Jovan Bangsawan (Unknown)
Hasibuan, Munawaroh (Unknown)
Anjani, Mila (Unknown)
Anglia, Dilla (Unknown)
Purnama, Dwi (Unknown)
Dewi, Ika Sandra (Unknown)
Siregar, Nurhafni (Unknown)
Nurmairina, Nurmairina (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Ecoprint merupakan batik yang memanfaatkan pewarna dari bahan alami seperti dedaunan dan bunga. Pelatihan ini dilatarbelakangi dalam karena kurangnya ruang bagi anak untuk bereksplorasi untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas. Selain itu, kurangnya pengetahuan untuk memanfaatkan alam sekitar. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan anak melalui ecoprint dan menjahit hasil kain ecoprint. Pelatihan ini diberikan kepada 16 anak dengan rentang usia 12-16 tahun yang tergabung antara anak perempuan dan laki-laki di Yayasan Al-Kahfi Medan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan bertujuan untuk melihat keterampilan seni dan kreativitas peserta sebelum dan setelah pelaksanaan kegiatan ecoprint. Prosedur penelitian ini dimulai dari persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang sangat signifikan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak di Yayasan Al-Kahfi Medan. Peserta semula belum mengetahui tentang ecoprint, setelah mengikuti pelatiham sekarang peserta sudah terampil dalam membuat batik ecoprint mulai dari menyiapkan, menata, teknik pounding, fiksasi, hingga menjahit tas totebag sendiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...