JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Model STAD dengan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas IV SD Pancasila

Imeldania, Pranisma Salsa (Unknown)
Sabiily, M. Arsyada (Unknown)
Qurrota’Ayun, Sekar Nova Juan Qurrota’Ayun (Unknown)
Widodo, Susilo Tri (Unknown)
Wahyuni, Nur Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Pendidikan merupakan upaya penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dimulai dari jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik peserta didik reguler dan berkebutuhan khusus, serta solusi dalam masalah pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SD Pancasila Kota Semarang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara, observasi, dan microteaching. Peneliti menemukan peserta didik memiliki karakteristik yang beragam, seperti menghadapi tantangan komunikasi, pengendalian emosi, dan dukungan belajar di rumah. Strategi ini melibatkan media digital serta pendekatan berbasis pengalaman. Pembelajaran menggunakan model STAD dan pendekatan berdiferensiasi terbukti meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya pembelajaran inklusif dengan fasilitas yang memadai, metode inovatif, dan kolaborasi antara sekolah dan keluarga untuk mendukung perkembangan peserta didik. Hasil penelitian ini penting untuk pengembangan pendidikan inklusi di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...