Program Sekolah Penggerak merupakan inisiatif strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk karakter siswa sebagai pemimpin masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi implementasi program tersebut dalam membudidayakan karakter kepemimpinan siswa di SMP PAB 23 Bandar Klippa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Sekolah Penggerak mampu mengintegrasikan nilai-nilai kepemimpinan melalui berbagai aktivitas, seperti pembelajaran berbasis proyek, program mentoring, dan kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, dukungan dari guru, orang tua, dan lingkungan sekolah menjadi faktor penting dalam membentuk karakter siswa yang mandiri, tangguh, dan berintegritas. Dengan demikian program ini efektif dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung pembentikan pemimpin masa depan yang berkarakter.
Copyrights © 2024