JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Program Sekolah Penggerak dalam Membudidayakan Karakter Pemimpin Masa Depan Siswa di SMP PAB 23 Bandar Klippa

Simanjuntak, Johan Pardamean (Unknown)
Sinambela, San Mikael (Unknown)
Yunita, Sri (Unknown)
Jamalludin, Jamalludin (Unknown)
Sihaloho, Oksari Anastasya (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Program Sekolah Penggerak merupakan inisiatif strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk karakter siswa sebagai pemimpin masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi implementasi program tersebut dalam membudidayakan karakter kepemimpinan siswa di SMP PAB 23 Bandar Klippa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Sekolah Penggerak mampu mengintegrasikan nilai-nilai kepemimpinan melalui berbagai aktivitas, seperti pembelajaran berbasis proyek, program mentoring, dan kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, dukungan dari guru, orang tua, dan lingkungan sekolah menjadi faktor penting dalam membentuk karakter siswa yang mandiri, tangguh, dan berintegritas. Dengan demikian program ini efektif dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung pembentikan pemimpin masa depan yang berkarakter.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...