JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Upaya Peningkatan Kedisiplinan pada Siswa Kelas IV SD IT Insan Mulia

Samtiadji, Prima (Unknown)
Tinadi, Silvy Felecia Putri (Unknown)
Aeni, Kurotul (Unknown)
Hidayah, Eva Nur (Unknown)
Shobichah, Umroh Nurus (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya penanaman kedisiplinan peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menitikberatkan pada penerapan aturan di lingkungan sekitar kelas 4 SD. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara terhadap peserta didik serta guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn berbasis aturan lingkungan sekitar efektif dalam meningkatkan kesadaran peserta didik akan pentingnya disiplin. Peserta didik menjadi lebih memahami tanggung jawab mereka dalam menjaga lingkungan kelas dan berperilaku sesuai norma yang disepakati. Selain itu, diskusi antara guru dan peserta didik mengenai aturan turut memperkuat nilai-nilai disiplin. Penelitian ini menyarankan agar guru lebih proaktif dalam mengintegrasikan pembelajaran PKn dengan praktik sehari-hari di sekolah untuk memperkuat budaya disiplin di kalangan peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...