JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Perbedaan Karakteristik Perkembangan Perilaku Peserta Didik Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 285 Jakarta

Indriyani, Indriyani (Unknown)
Riyanni, Khaila (Unknown)
Wahdaniah, Keti (Unknown)
Prawita, Vara Agitya Eka (Unknown)
Majid, Keisha Aulia (Unknown)
Kalamsyah, Isnayni (Unknown)
Sobri, Sobri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan individu dalam konteks pendidikan, dengan fokus pada siswa di SMP Negeri 285 Jakarta. Kajian ini mencakup pengaruh faktor biologi dan lingkungan, serta analisis perbedaan individu berdasarkan aspek kognitif, kecakapan motorik, bakat, latar belakang dan kesiapan belajar. Selain itu, penelitian ini juga berupaya mengidentifikasi peran pendidikan dalam mendukung optimalisasi potensi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta observasi langsung terhadap aktivitas pembelajaran di sekolah. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana faktor-faktor bawaan dan lingkungan mempengaruhi perkembangan siswa, serta bagaimana strategi pendidikan dapat dirancang untuk mengakomodasi perbedaan individu. Temuan penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan efektif, dengan menekankan pentingnya pendekatan yang berpusat pada siswa untuk meningkatkan hasil belajar dan perkembangan potensi mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...