JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

The Role of Pragmatics in Effective Intercultural Communication

Harahap, Indah Permata Sari (Unknown)
Dalimunte, Hafifah Hasyanah (Unknown)
Nasution, Rizky Ummi Thahirah (Unknown)
Nasution, Sofiyani (Unknown)
Harahap, Gairah Riski (Unknown)
Siregar, Deasy Yunita (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus pada peran pragmatik dalam komunikasi antarbudaya, khususnya di lingkungan universitas di mana para mahasiswa dari berbagai latar belakang budaya berinteraksi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, termasuk wawancara semi-terstruktur dan observasi partisipan, untuk mengeksplorasi bagaimana norma-norma budaya mempengaruhi strategi komunikasi dan pengembangan kompetensi pragmatis. Temuan menunjukkan bahwa kemampuan beradaptasi pragmatis sangat penting untuk interaksi antar budaya yang efektif, dengan para partisipan menekankan pentingnya menyesuaikan penggunaan bahasa dan isyarat non-verbal berdasarkan ekspektasi budaya. Selain itu, penelitian ini menyoroti tantangan yang ditimbulkan oleh komunikasi digital, di mana kurangnya isyarat non-verbal dapat menyebabkan kesalahpahaman, sehingga menggarisbawahi perlunya pelatihan pragmatis baik dalam interaksi tatap muka maupun online. Hasil penelitian ini menganjurkan untuk mengintegrasikan kompetensi pragmatis ke dalam kurikulum komunikasi antarbudaya untuk meningkatkan saling pengertian dalam lingkungan yang semakin mengglobal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...