JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Al-Qur'an sebagai Landasan Pendidikan Inklusif: Sebuah Kajian Sosiologis Pendidikan Agama Islam

Fajri, Nurul (Unknown)
Halomoan Ritonga, Cipto (Unknown)
Kamal, Muhiddinur (Unknown)
Januar, Januar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pandangan dan sikap Alquran terhadap inklusi. Kajian dilakukan dengan menelusuri ayat-ayat yang berkaitan dengan inklusi, kemudian menghubungkannya dengan kondisi sosial saat ini. Meskipun Alquran menekankan pentingnya kesetaraan dan keragaman, respons umat Islam terhadap inklusi dapat bervariasi tergantung pada sudut pandang mereka serta konteks sosial yang melingkupinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan ini dipilih karena fokus penelitian adalah pada kajian teks Alquran serta konteks sosial yang relevan dengan inklusi dalam pendidikan. Penelitian ini juga berupaya mengungkap pesan-pesan sosial tersirat dalam Alquran mengenai inklusi, sehingga relevan untuk diterapkan dalam kehidupan masa kini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...