Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X-7 di SMA Negeri 13 Medan dengan menerapkan pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini penting dilakukan karena pembelajaran abad ke-21 menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi. Model Discovery Learning diterapkan dalam pembelajaran matematika materi Eksponen kelas X-7 di SMA Negeri 13 Medan melalui dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini melibatkan 36 peserta didik. Setelah pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dilaksanakan, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, khususnya pada mata pelajaran matematika kelas X-7. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil persentase tes awal hanya terdapat 5 orang yang memiliki ketuntasan 75 (KKM) dan setelah diterapkan nya model Discovery learning kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat sebesar 68% atau sebanyak 26 peserta didik pada siklus 1 dan terdapat peningkatan juga pada siklus 2 sebanyak 33 orang dengan presentase 90%. Persentase ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas X-7 SMA Negeri 13 Medan. Dengan penerapan Discovery Learning, dapat disimpulkan bahwa model ini efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas tersebut.
Copyrights © 2024