JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peran Guru dalam Perkembangan Sosial dan Emosional Anak TK

Rahman, Salwa Azizah (Unknown)
Novianti, Syafira Dwi (Unknown)
Nabilah, Shafa Setya (Unknown)
Qotrunnida, Insani Najwa (Unknown)
Budiman, Nandang (Unknown)
Al-hakim, Ibrahim (Unknown)
Mudrikah, Syifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Selain orang tua, Guru bertanggung jawab dalam tumbuh dan perkembangan anak. Dalam dunia Pendidikan, guru memiliki peran penting dalam melayani peserta didik dengan berlandaskan kesadaran, tanggung jawab, dan usaha secara optimal sehingga dapat berdampak positif terhadap perkembangan fisik dan perkembangan psikis. Peran guru tidak hanya dibutuhkan sebagai pengajar saja, guru sangat dibutuhkan perannya sebagai sumber belajar anak, fasilitator yang mempermudah anak dalam memahami sesuatu, mengelola kelas anak, memberikan bimbingan, motivasi, mengevaluasi, dan juga memberikan contoh yang baik kepada peserta didiknya sebagai persiapan bekal untuk kehidupan anak di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam perkembangan sosial dan emosional anak Usia TK, Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik studi literatur dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran guru baik sebagai pengajar, pendidik, teladan, motivator dan fasilitator sangatlah penting dalam perkembangan sosial dan emosional anak TK.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...