JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peran Pendekatan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan dalam Memahami dan Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa

Fikri, Mohammad Sirojul (Unknown)
Hakim, Arif Rahman (Unknown)
Nashrullah, Alfithra (Unknown)
Budiman, Nandang (Unknown)
Hakim, Ibrahim Al (Unknown)
Mudrikah, Syifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Artikel ini membahas peran pendekatan psikologi pendidikan dan bimbingan dalam memahami dan mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan wawancara dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK berfungsi sebagai pendamping yang membantu siswa mengidentifikasi dan mengatasi masalah pribadi dan akademis. Selain itu, pendidikan kesehatan mental yang diberikan oleh guru BK berkontribusi pada kesejahteraan siswa. Kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua menjadi kunci dalam mendukung kesehatan mental siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...