JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peran Metode Ceramah dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Tuna Netra: Studi Kasus Pembelajaran PAI

Berliana, Chandra Intan (Unknown)
Arrahma, Ulya Makwa (Unknown)
Mustofa, Wahid (Unknown)
Wulandari, Dyah (Unknown)
Royhana, Chusna Ummu Yulya (Unknown)
Nadhita, Galuh (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran metode ceramah dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa tuna netra pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SLBN Salatiga. Masalah yang diangkat adalah kurangnya fokus belajar siswa tuna netra akibat keterbatasan visual yang mempengaruhi konsentrasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek guru PAI dan siswa tuna netra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ceramah yang disesuaikan secara verbal dan ritmis dapat meningkatkan konsentrasi siswa tuna netra. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode ceramah memiliki peran penting dalam membantu siswa tuna netra mencapai pemahaman yang lebih baik dalam pembelajaran PAI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...