JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

The Application of the Total Physical Response Teaching Method to Improve English Vocabulary Mastery of Fourth Grade Students at SD N 4 Kawan

Suardani, Ni Nengah (Unknown)
Adiwijaya, Pande Agus (Unknown)
Numertayasa, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas empat SD Negeri 4 Kawan melalui penerapan metode pembelajaran Total Physical Response (TPR). TPR merupakan metode yang menggabungkan perintah verbal dengan gerakan fisik, sehingga menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes (pre-test, post-test I, dan post-test II), dan dokumentasi. Hasil pre-test menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa masih rendah. Setelah menerapkan metode TPR, skor rata-rata pada post-test I meningkat menjadi 69,7 dengan ketuntasan klasikal 50%, dan pada post-test II meningkat menjadi 78,7 dengan ketuntasan klasikal 85%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan metode TPR efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Dapat disimpulkan bahwa metode TPR berhasil membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan, interaktif, dan membantu siswa lebih memahami dan mengingat kosakata bahasa Inggris, terutama pada tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...