Berdasarkan pengamatan di TK Al-Muhajirin, ditemukan bahwa sebagian besar anak usia 5-6 tahun belum dapat mengenal huruf secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak melalui media serok huruf di TK Al-Muhajirin Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memahami perubahan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu 18 orang anak yang terdiri dari 2 laki-laki dan 16 perempuan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pra siklus menunjukkan 0% kemampuan mengenal huruf maka dilakukannya siklus I yang menunjukkan peningkatan dari 44% dan 27% pada tindakan I menjadi 88% dan 77% pada tindakan II. Pada siklus II, kemampuan mengenal huruf meningkat menjadi 38% dan 44% pada tindakan I, dan 83% dan 77% pada tindakan II.
Copyrights © 2025