JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Serok Huruf Pada Anak di TK Al-Muhajirin Aceh Besar

Sarfia, Yuli (Unknown)
Yuhasriati, Yuhasriati (Unknown)
Fauzia, Siti Naila (Unknown)
Amalia, Dina (Unknown)
Mandira, Gracia (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2025

Abstract

Berdasarkan pengamatan di TK Al-Muhajirin, ditemukan bahwa sebagian besar anak usia 5-6 tahun belum dapat mengenal huruf secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak melalui media serok huruf di TK Al-Muhajirin Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memahami perubahan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu 18 orang anak yang terdiri dari 2 laki-laki dan 16 perempuan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pra siklus menunjukkan 0% kemampuan mengenal huruf maka dilakukannya siklus I yang menunjukkan peningkatan dari 44% dan 27% pada tindakan I menjadi 88% dan 77% pada tindakan II. Pada siklus II, kemampuan mengenal huruf meningkat menjadi 38% dan 44% pada tindakan I, dan 83% dan 77% pada tindakan II.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...