JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh LKPD Berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA dalam Pembelajaran Geografi

Wijaya, Nyokro Mukti (Unknown)
Herlina, Meri (Unknown)
Mayonita, Elsye (Unknown)
Fadilah, Syahri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir spasial siswa dalam pembelajaran geografi yang masih didominasi metode konvensional. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir spasial siswa pada materi mitigasi bencana di SMA Negeri 1 Pringsewu. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas X yang dipilih melalui purposive sampling, masing-masing sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dengan rata-rata posttest 78,44 dan N-gain 43,71% kategori sedang, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata 61,69 dan N-gain 29,89% kategori rendah. Uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi 0,017 (<0,05) yang menegaskan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, penggunaan LKPD berbasis Problem Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...