JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Profil Tingkat Bullying Pada Siswa SMA Se-Kecamatan Pamona Selatan

Mowemba, Gretza Eurika (Unknown)
Munifah, Munifah (Unknown)
Rasido, Ikhlas (Unknown)
Arifyadi, Azam (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil tingkat Bullying pada siswa SMA se-Kecamatan Pamona Selatan. Profil Bullying verbal dalam penelitian ini merujuk pada gambaran bentuk perilaku Bullying verbal yang dialami siswa di lingkungan sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Informan terdiri dari lima siswa, yaitu tiga siswa dari SMA Negeri 1 Pamona Selatan dan dua siswa dari SMA Negeri 2 Pamona Selatan, yang pernah mengalami Bullying verbal. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa gambaran Bullying verbal yang dialami para korban seperti dipanggil dengan sebutan yang merendahkan (5 informan), diejek karena kondisi fisik seperti kulit gelap atau tubuh pendek (4 informan), dihina dengan kata-kata kasar atau kotor (4 informan), serta dipermalukan di depan umum (3 informan). Beberapa korban juga menyatakan tidak mampu melawan atau hanya memilih diam saat mengalami perlakuan tersebut. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penanganan Bullying di sekolah secara berkelanjutan dan melibatkan seluruh elemen sekolah serta keluarga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...