JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Meningkatkan UMKM Khas Suku Sakai (Mengalo) sebagai Wujud Pengabdian di Kampung Minas Barat Kab.Siak

Salsabila, Fahmi (Unknown)
Maulana, M.Ikhsan (Unknown)
Rahmadani, Novita (Unknown)
Sari, Yuyun Novita (Unknown)
Lestari, Habibah Tri (Unknown)
Zakir, Zainab Lailatil (Unknown)
Admi, Nurhayati Marjuni (Unknown)
Supriana, Annisa (Unknown)
Putri, Yuwan Chantika Nilla Azzahra Permata (Unknown)
Alparok, M.Galang (Unknown)
Ramdani, Annisa (Unknown)
Naufal, Alharis Muhammad (Unknown)
Ajmala, Ariq Salma (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Kelompok KKN Mas 118 dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Pekanbaru, Riau. Program KKN ini diadakan selama 40 hari, yang dimulai dari 31 Juli hingga 8 September 2025, dengan fokus utama untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya dalam pengemasan produk makanan khas suku Sakai, yang dikenal dengan sebutan "Mengalo". Pelaksanaan KKN ini dilakukan melalui metode survei atau observasi serta perencanaan kegiatan secara partisipatif dan edukatif, dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kesehatan masyarakat. Tanggapan dari masyarakat,dan pihak kelurahan sangat positif, terlihat dari hubungan kerjasama yang baik antara mahasiswa dan berbagai pihak terkait. Artikel ini juga mengidentifikasi sejumlah tantangan yang muncul saat pelaksanaan program dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan KKN ke depannya. Diharapkan bahwa kegiatan KKN ini memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat,pihak terkait, dan mahasiswa yang terlibat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...