Menara Ilmu
Vol 19, No 2 (2025): Vol 19 No. 02 OKTOBER 2025

Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar

Sari, Widya (Unknown)
Irawati, Junita (Unknown)
Pratiwi, Resdilla (Unknown)
Nasution, Asrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Show and Tell terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 098 Pidoli Lombang pada materi “Sayangi Bumiku”. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (Quasi Experimental Design) model Control Group Design. Populasi penelitian berjumlah 41 siswa yang terbagi dalam kelas VA dan VB. Instrumen pengumpulan data berupa tes lisan, kemudian dianalisis menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan keterampilan berbicara siswa. Pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Show and Tell, nilai rata-rata meningkat dari 39,55 (pre-test) menjadi 90,20 (post-test). Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan metode Presentasi, nilai naik dari 37,38 menjadi 81,38. Hasil uji hipotesis memperlihatkan thitung (38,086) ttabel (2,021), sehingga Ha diterima. Dengan demikian, metode Show and Tell terbukti efektif meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Kata kunci: Metode Show and Tell, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...