Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol. 13 No. 3 (2025): EQUILIBRIUM: JURNAL PENDIDIKAN

Analisis Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Literasi Awal Kelas III Laboratorium School ⁠ SD UNISMUH Makassar

Rinaldi (Unknown)
Muhammad Akhir (Unknown)
Muhammad Afdal (Unknown)
Maemunah (Unknown)
Nur Inayati Saiful (Unknown)
Risfaisal (Unknown)
Inal, Rinaldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan karakter dalam mengatasi krisis literasi dini pada siswa kelas 3 SD UNISMUH Makassar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, yang melibatkan observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan karakter ke dalam pembelajaran literasi memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan membaca dan menulis siswa. Siswa yang terlibat dalam program pendidikan karakter menunjukkan peningkatan motivasi belajar, keterampilan sosial, dan prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak terlibat. Selain itu, keterlibatan orang tua dalam program "Literasi Keluarga" terbukti efektif dalam mendukung kegiatan literasi anak di rumah. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasinya, penelitian ini merekomendasikan pengembangan program pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam kurikulum literasi untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan literasi siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...