TEKNOS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi
Vol. 3 No. 1 (2025): April

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK NEGERI 3 KAB. TANGERANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Haris, Faisal (Unknown)
Ikhsanuddin (Unknown)
Ramdani, Sulaeman Deni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) kelas XI TKR di SMK Negeri 3 Kabupaten Tangerang. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, pretest, posttest, dan soal esai berbasis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa: rata-rata skor penilaian meningkat dari 2,14 menjadi 3,45, dan skor posttest meningkat dari 4,00 menjadi 8,90. Penerapan PBL efektif dalam melatih siswa untuk menganalisis masalah, menemukan solusi, serta meningkatkan hasil belajar. Hal ini membuktikan bahwa PBL merupakan strategi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran vokasional

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

teknos

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi adalah jurnal yang diterbitakn oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar. Jurnal ini bertujuan menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan dan teknologi. Artikel ...